Budaya Kerja 5S : Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

Related image

Pernah mengalami peristiwa di ruangan kerja kamu di mana Kamu sulit menemukan barang yang kamu cari? Padahal barang itu yaitu barang yang memang selalu dipakai seperti pulpen atau buku catatan? Atau lupa di mana kamu menempatkan barang-brang yang jarang dipakai? Terlebih bila banyak barang yang rusak dan tergeletak dan tidak paham kapan akan diperbaiki, belum lagi barang yang dapat segera digunakan namun tidak paham kapan akan dipakainya, apakah besok, bln. depan, atau barangkali setahun lagi. Pada akhirnya habis waktu hanya untuk memperhitungkan mau diapakan barang itu. Bagaimana kita menata sebuah ruangan atau kantor agar terlihat bersih, enak diliat dan memudahkan kita mencari barang atau alat yang akan kita pakai dan agar barang atau alat seperti pakaian dan sepatu safety online selalu dalam keadaan tertangani dan siap dipakai setiap saat? Hal semacam ini tidaklah mudah. Tetapi, 5S dapat berikan jawaban untuk kita, karena 5S adalah tehnik perlakuan yang tepat untuk tempat tinggal, pabrik dan dimanapun. 5S berpengaruh segera pada produktivitas.

Apakah itu 5S?

5S yaitu istilah Jepang untuk menggambarkan secara sistematik praktik housekeeping yang baik. Berasal dari Jepang dan dapat dibuktikan efisien dibeberapa negara. Pengaturan Housekeeping di kenal sebagai awal dan adalah pendekatan paling efisien dalam bangun suatu bangunan dalam beberapa usaha penambahan produktivitas dan dapat diaplikasikan dengan cara gabungan dengan system manajemen lain. 5S yaitu singkatan dari 5 kata dalam bhs jepang yang dimulai oleh huruf S ; Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke. Dalam bhs Indonesia, kita dapat menterjemahkan 5S sebagai 5R ; Seiri (Ringkas), Seiton (Rapi), Seiso (Resik), Seiketsu (Rawat), Shitsuke (Rajin). 5S yaitu filosofi dan cara untuk suatu organisasi dalam mengatur dan mengelola ruang kerja dan alur kerja dengan maksud efesiensi lewat cara kurangi ada buangan (waste) baik yang berbentuk barang atau perlengkapan ataupun waktu.

Seiri (Ringkas)

Membedakan pada yang diperlukan dan yg tidak diperlukan dan buang yg tidak diperlukan : “Singkirkan Beberapa barang yg tidak diperlukan dari tempat kerja”

Seiton (Rapi)

Memastikan tata letak yang teratur rapi hingga kita selalu temukan barang yang diperlukan : ”

“Setiap barang yang berada ditempat kerja memiliki tempat yang pasti”

Seiso (Resik)

Menyingkirkan sampah kotoran dan barang asing untuk peroleh tempat kerja yang lebih bersih. Pembersihan lewat cara inspeksi : “Bersihkan semua suatu hal yang ada ditempat kerja”

Seiketsu (Rawat)

Pelihara barang secara teratur bersih dan rapi juga dalam segi personal dan hubungannya dengan polusi : ”Semua orang peroleh info yang dibutuhkannya ditempat kerja, tepat waktu”

Shitsuke (Rajin)

Melakukan suatu hal yang benar sebagai rutinitas : “Lakukan apa yang perlu dilakukan dan janganlah melakukan apa yg tidak bisa dilakukan”

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s