Identifikasi Bahaya dan Penilaian Resiko

Image result for Bahaya Di Tempat Kerja

Identifikasi bahaya dan penilaian resiko (IBPR) atau yang lebih dikenal luas dengan istilah Hazard Identification and Risk Asssessment Determine Control (HIRADC), yaitu langkah awal di dalam pengembangan system manajemen keselamatan dan kesehatan kerja baik yang berbasiskan pada OHSAS 18001 : 2007 ataupun SMK3 Ketentuan Pemerintah Nomor 50 th. 2012. langkah terutama di dalam melakukan penilaian kemungkinan yaitu terdapat bagaiman kita dapat tentang bahaya mungkin yang berada di sekitar tempat kerja. Hingga pengamata terhada keadaan di sekitar kamu dan pikirkan semua bahaya yang ada sebagai langkah awal yang baik dalam melakukan penilaian bahaya kemungkinan.

Beberapa sumber info yang bisa Kamu gunakan dalam melakukan identifikasi bahaya diantaranya :

  • Memerhatikan info yang terdapat di dalam buku manual untuk perlengkapan atau data sheet untuk kimia, bila kita mempergunakan bahan kimia.
  • Gunakan data kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja yang pernah terjadi.
  • Perhatikan kesibukan yang berbentuk tidak teratur, karena kesibukan sejenis ini biasanya memiliki potensi bahaya yang lebih tinggi.
  • Perhatikan efek periode panjang yang bisa terjadi atau menimpulkan bahaya pada kesehatan.

Setelah identifikasi bahaya mungkin sudah usai dilakukan, maka langkah setelah itu yaitu menilainya potensi kemungkinan yang mungkin terjadi, di dalam pennilaian kemungkinan ada beberapa parameter yang perlu di perhatikan. Biasanya parameter yang di perhatikan yaitu tingkat keparahan (severity) dan kesempatan peristiwa (likelihood), dan dapat memasukan frekwensi (fequency).

Prinsip dari penilaian kemungkinan yaitu melakukan pelajari pada kemungkinan yang mungkin terjadi, dan memastikan bagaimana bahaya itu dapat membahayakan orang lain dan seberapa serius bahaya itu bila terjadi. Setelah kita dapat menilainya tingkat keseriusan yang mungkin terjadi daru suatu bahay, maka perlu dilakukan ingindalian pada potensi kemungkinan itu s/d pada tingkat yang bisa di terima (acceptabel) sesuai sama kekuatan suatu organisasi dalam memikul kemungkinan. Beberapa bentuk ingindalian pada kemungkinan, salah satunya seperti berikut :

  • Eliminasi, kadang-kadan berapakah sumber bahaya pada perlengkapan, material dan praktik kerja dapat dijauhi keseluruhannya.
  • Substitusi, melakukan pergantian suatu material dengan material yang lebih ramah pada lingkungan dan lebih aman dari segi keselamatan kerja
  • Rekayasa atau engineering memiliki bentuk dapat Isolasi, memisahkan sumber bahaya dari beberapa orang yang akan berhubungan dengan sumber bahaya itu., Safeguard, dapat dilakukan dengan melakukan modifikasi pada perlengkapan dan mesin, dan rekayasa pada hal yang lain.
  • Administrative, pengelolaan kemungkinan memberi info atau peringatan pada orang yang akan mendekt pada sumber bahaya, atau bisa pula dengan menentuken kriteria kompetensi dan keadaan fisik dari seorang sesuai sama bahaya mungkin yang ada.
  • Alat Pelindung Diri, adalah bentuk pengendalian yang paling popular dan sering jadikan pilihan utama dalam melakukan pengendalian resiko. Walau sebenarnya APD yaitu bentuk pengendalian terendah tingkat efektifitasnya. Salah satu contoh apd yaitu pakaian dan sepatu safety.

Persoalan yang sering dihadapi dalam identifikasi bahaya dan penilaia kemungkinan yaitu memastikan matrik kemungkinan dan mekanisme pengerjaannya. Hingga bila diliat dalam persyarata OHSAS 18001 : 2007 pada klausl 4. 3. 1 dan SMK3 PP Nomor 50 Th. 2012 pada elemen 2, memerlukan ada mekanisme yang mengatur cara untuk mengidentifikasi, dan menilainya suatu bahaya mungkin. Hingga, dapat diambil kesimpulan apakah kemungkinan yang diakibatkan dan batasan yang bisa di terima atau tidak. Terlampir ada contoh prosedur identifikasi bahaya dan penilaian kemungkinan simpel yang bisa membantu Kamu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s