Pekerjaan PR Mudah & Hanya Suka-senang, Eits Siapa Katakan?

kJadi seseorang Public Relations (PR) tidak semudah yang dipikirkan. Banyak masalah yang perlu dihadapi, terlebih dalam mengelola perasaan. Kamu mesti senantiasa tampak ramah serta baik dihadapan media serta orang-orang meskipun tengah ada problem atau hal-hal lain yang mengganggu fikiran. Belum juga ditambah asumsi yang kurang sehubungan tentang profesi PR.

” Belumlah ada pemahaman yang sesungguhnya mengenai profesi PR. Sering divisi beda dalam perusahaan berasumsi bila pekerjaan PR cuma beberapa suka, walau sebenarnya pekerjaannya keduanya sama berat. Kita mesti berfikir kiat komunikasi ke media atau umum, ” tutur Ratu Maulia Ommaya, seseorang public relation dari The Body Shop Indonesia yang diwawancarai oleh wolipop lewat telepon baru saja ini. Konsultan pr jakarta bisa kamu coba.

Ommaya memberikan saat ini juga tidak sedikit perusahaan mencari PR baru, tetapi yang lalu di terima bekerja semakin banyak tidak dari jurusan PR atau komunikasi. ” Banyak yang dari pertanian ke PR, dokter ke PR, karna berasumsi PR itu cuma butuh tampilan serta pandai ngomong, ” katanya.

Pemahaman salah yang lain juga karena sebab ada sebagian perusahaan yang buka lowongan untuk mencari PR, tetapi sebenarnya sesudah bekerja tugasnya nyatanya jual product. Perihal ini pula yang menyebabkan pemahaman bila tujuan seseorang PR yaitu jualan atau sales. Walau sebenarnya pekerjaan seseorang PR bukanlah itu.

” PR tidak senantiasa pinter ngomong tapi tidak ada berisi, tidak nyampe pesannya ke pembaca. Saya dituntut lebih strategis dari pada lebih hanya sekedar membuat strateginya saja. Beberapa orang tidak tahu berfikir langkah strategis untuk seseorang PR yang profesional, ” urai Ommaya.

Maurin Handayani, seseorang communication consultant sisi Media Expert di Inke Maris memberikan, terkecuali pemahaman yang salah, masalah yang lain dari seseorang PR itu sering datang dari pihak client atau umum. Misalnya komplain atau salah pengertian. Bila ada komplain mesti dijawab serta diberi pengertian dan ada perbaikan dari perusahaan. Tetapi, masalah terberat yaitu waktu buat berita yang negatif jadi positif tanpa ada mesti berbohong.

” Bila ada problem dalam perusahaan cobalah kita tanyakan bagaimana hal semacam ini dapat dipecahkan. Sesudah buat kiat juga akan masaalah itu, lalu dikomunikasikan pada rekan-rekan, ” tutur Maurin yang memiliki hoby traveling.

Masalah hadapi komplain ini dihadapi Herlina, konsultan public relations dari Shy Rooftop. Jadi PR dari satu kafe, dia mesti dapat hadapi komplain itu tanpa ada mesti kurangi keyakinan pelanggan atau orang-orang pada tempat kerjanya.

” Bila kafe umpamanya terkait dengan service, makanan, jadi contoh, ada problem dengan makanan, itukan umumnya ada pula yang mereka minta bagaimana perlakuan dari kita, si customer ini terasa dirugikan. Nah, si PR untuk dia agar tidak terasa dirugikan, perbaiki product yang telah ada, kita harus juga memberikan keyakinan pada client beda bila ini tidak juga akan terulang sekali lagi, ” urai Herlina waktu terlibat perbincangan dengan wolipop lewat telepon Kamis (30/8/2012).

Masih tetap tertarik bergelut didunia public relation? Seseorang PR bukan hanya pandai bicara saja, tapi mesti cerdas dalam buat kiat komunikasi. Wanita-wanita yang sudah berhasil jadi PR mewakili brand terkenal itu juga menyebutkan, makin tinggi tempat seseorang PR makin berat tugasnya, dari mulai buat program sampai menjangkau maksud, yakni membuat opini umum yang sesuai sama hasrat perusahaan.

” Jadi PR, saya mesti kasih mindset ke mereka dari mulai trend, lalu pengetahuannya, tidak hanya lihat dari bagian produknya saja. Berlainan dengan markom, ya. Dia lebih ke marketing karna markom yang lakukan iklan, ” tutup Ommaya di akhir perbincangan dengan wolipop.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s