Meningkatkan Cara Berpikir Kreatif

Gambar terkait

Sampai saat ini berpikir out of the box diakui merupakan ketrampilan yang bisa dipelajari. Syaratnya anda harus terbuka dengan beberapa hal baru. Tentu banyak yang menganganggap anda tuh orang yang kurang kreatif atau bahkan juga dikira tidak kreatif sekalipun. Benar gak? Disamping itu, umumnya orang pun sepakat bila ada seorang yang condong memikirkan lebih kreatif daripada yang lain. Hanya saja, meyakini deh kreativitas adalah hal yang bisa dilatih dan ditingkatkan. Berikut 6 Langkah Tingkatkan Cara Memikirkan Kreatif yang dapat anda tekuni.

1. Memperbanyak Informasi Di luar Aktivitas anda keseharian
Kita tentu suka bila membaca apa yang kita anggap passion kita, tetapi biasanya hal semacam ini tidak tingkatkan kreativitas. Memang terkadang artikel yang sesuai passion dapat memberi kita motivasi atau ide, tetapi bila anda ingin kreativitasmu dapat mengalir coba untuk konsumsi bebrapa content yang biasanya tidak anda mengkonsumsi. Membaca artikel yang biasanya tidak anda baca, membaca buku-buku atau situs (blog) yang biasanya tidak anda buka, dan bahkan juga cobalah mengobrol dengan orang asing dan gali cara memikirkan mereka.

2. Tulislah artikel dengan 500 kata tanpa ada tema apapun
Ini yaitu latihan yang sangat mengasyikkan buat kamu cobalah. Cara yang dapat bikin anda terlalu fokus dan biasanya menimbulkan bebrapa inspirasi menarik yang bahkan juga tidak terpikirkan oleh anda sebelumnya. Cobalah buka dokumen baru dan mulai menulis. Janganlah tetapkan judul, janganlah ada tema, janganlah diedit dan yang paling penting janganlah permasalahkan apa pun yang anda catat. Biarlah jarimu mulai mengetik dan biarlah fikiranmu memastikan kata yang anda ingin tuliskan setelah itu. Hal yang pantas anda cobalah yakni lakukan untuk mengakhiri kalimat dengan kalimat yang cukup aneh dan bahkan juga belum pernah anda ungkapkan sebelumnya. Buat dirimu untuk selalu terdorong menuliskan suatu hal di artikel itu.

3. Lihat film di bioskop atau teater
Film dalam layar yang besar adalah tempat yang cocok untuk tingkatkan daya tangkap narasi dengan cara penuh. Layar besar yang terang, nada gemuruh sound sistem, bau ruangan dan bahkan juga senderan kursi yg tidak nyaman juga segalanya di sana.
Bila anda menikmatinya, bukanlah mustahil anda akan keluar dari bioskop dengan dipenuhi bebrapa inspirasi baru yang hilang ingatan.
 
4. Berbicaralah dengan orang yg tidak anda kenali
Dengarkan narasi dari seorang yang baru bagimu dapat buka pandangan dan memberi cara memikirkan yang betul-betul baru untukmu. Bukanlah mustahil loh anda akan belajar beberapa hal dari mereka. Mungkin juga anda diberikan pojok pandang baru dari apa yang pernah anda pikirkan sebelumnya dan mungkin juga mereka bahkan juga dapat memberi setumpuk inspirasi yang betul-betul anda mencari sebelumnya.
5. Makan suatu hal yang tidak sama dari yang umum anda makan
Ada riset yang memberikan kalau apa yang kita makan dapat memengaruhi bahkan juga merubah cara kita memikirkan. Anda ingin cobalah cara memikirkan tidak sama? Cobalah berikanlah badan anda anggapan makanan yang tidak sama. Anda mungkin akan kaget dengan seberapa banyak metode berpikir kreatif yang bisa anda fikirkan dan kerjakan ketika coba ini.

6. Kerjakan latihan “Tak ada Brainstorming yang sia-sia”
Peroleh sekurang-kurangnya satu orang untuk melakukan brainstorming sekitar 45-60 menit. Janganlah pakai gadget untuk searching dan janganlah juga melakukan kritik apa pun. Buat tema maupun inspirasi yang anda kehendaki kedalam secarik kertas dan letakan di depan anda, hal semacam ini agar anda dapat mengatur saat percakapan akan berubah ketopik lain. Janganlah mengkritik alasan tunggal (pemikiran yang tidak sama dengan pemikiran anda). Sangat penting untuk melakukan brainstorming ini untuk meyakinkan anda tidak memiliki energi negatif hingga dapat mempertimbangkan semua input yang didapatkan saat brainstorming. Anda mungkin memperoleh beberapa puluh atau bahkan juga beberapa ratus inspirasi, tetapi anda akan memperoleh satu atau dua yang baik. Sebagai catatan, anda akan memperoleh hasil yang lebih baik bila anda sering mengerjakannya.

Tinggalkan komentar